Bagi Saya, Bukan Soekarno, ataupun Hatta

Ki Bagus Hadikusumo...
Tidak banyak yang mengenal beliau,,
Buat, orang – orang yang pernah sekolah di Muhammadiyah, biasanya akan familiar dengan namanya, ada di pelajaran KeMuhammadiyahan...
Yah, karena beliau pernah menjabat sebagai Ketua Muhammadiyah pada jaman setelah kemerdekaan...
Tidak banyak juga yang tahu (saya kira) kalau beliau salah satu anggota BPUPKI dan PPKI...
Di buku – buku Sejarah jaman SMP & SMU, kalau ada yg memperhatikan dg jeli, nama beliau sebetulnya tercantum...
Beliau memang tidak seterkenal Soekarno ataupun Hatta...
tetapi buat saya beliau lebih hebat dari para dwitunggal itu,,,
Konon kabarnya, beliau begitu disegani oleh dua ’Bung’ itu... sampai” jika Bung Karno & Bung Hatta berdebat, hanya beliau-lah yang bisa ’mendamaikan’, menetralisir...
Kalau orang bilang Soekarno karismatik, berarti Ki Bagus lebih karismatik karena Soekarno yang penuh karisma itupun tunduk padanya...
Kalau orang mengagumi Bung Hatta karena idealisme-nya, berarti Ki Bagus lebih idealis lagi, karena Hatta-pun bertekuk lutut...
Padahal beliau hanya seorang guru... tidak insinyur seperti Soekarno, atw sarjana dari Negeri Belanda seperti Hatta...
Beliau juga kabarnya, yang mngusulkan tentang ”Ketuhanan yang Maha Esa”, menggantikan draft sila pertama sebelumnya yang lebih mengarah pada Islamisasi... padahal beliau jelas” tokoh Islam... Menurut saya, beliau sedah menghayati lakum dinukum waliyadiin... Beliau sadar negara ini begitu beragam... Beliau ingin hak beragama setiap orang dihormati...
Saya jadi tambah kagum...^^
...
Yah, tokoh ini begitu mnginspirasi saya,,
Jika saya boleh memohon kepada 4wl untuk dipertemukan dengan orang yang sudah meninggal (beliau meninggal tahun 1955, jauh sebelum saya lahir), saya akan memilih untuk bertemu beliau... (selaen Nabi Muhammad, of course... :))
...
Beliau, Ki Bagus Hadikusumo, adalah… (mungkin ada yg dah nebak” dari tadi)
Eyang Kung saya tercinta... ;)

Saya bersyukur dengan nama belakang saya… :D
...
btw kabarnya, Eyang saya ini, dulu juga dagang batik, sepertinya genetik...haha ;p

Comments

  1. Hooooo........
    Tak bikin juga aaahhh...
    Nggg...
    ...
    ...
    Haduh,, syapa ya nama eyang buyut saya??? Pokoknya yg di beLakang nama aslinya berjejer 'bin' ini, 'bin' itu, 'bin' nganu... dst. (buanyak bgt XDDDDDDD)

    ReplyDelete
  2. Hmm...
    bukan bin Laden kn wiiid?
    kikikikik.... ;p

    ReplyDelete
  3. sayang diblogspot ga ada "like" ky di FB ya, hehe... :D

    ReplyDelete
  4. Begitu liat Ki Bagus Hadikusumo, langsung inget Qq Hadikusumo. ^^v
    Lah..kalo mbah gue tokoh apa ya q??
    mohon dilacak..buyut saya namanya resodinomo, kalo mbah persis ya darissalam itu. makasih ya..*hehehehe..*

    ReplyDelete
  5. Mm, itu perlu dilacak k Klaten sono May...
    qq kan KKN disekitar Ngawen situ (bener ga c May), syapa tau Pak Kadus pa Pak Camat-nya tau...
    (atau tanya Bupati Klaten ;DD)
    kikikikikik... ;ppp

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts