Senyuum^^

Ada sebuah group diFesbuk yg saya ikuti, ~Senyum Community~,group ini dikelola oleh teman seangkatan saya jaman kuliah,,,(yang baru saya kenal diFB, parah yah? ;p)
tulisan"nya regularly masuk ke inbox saya,,&yah, tulisan ini datang di saat yang tepat, saat" setelah saya ultah, saat saya ingin memperbaiki diri... (klise ya, bqn resolusi pas ada momen ;pp)
check this out :

“senyum itu gratis, plus bonus bahagia”

Setiap orang didunia ini mempunyai waktu yang sama 24 jam. Namun banyak diantara kita yang kurang menghargai waktu kita tersebut. Banyak yang tidak memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Padahal kita tidak bisa mengulang waktu atau kesempatan yang telah kita lalui. Dan ketika kita tidak dapat melakukannya yang ada hanyalah kata menyesal.

Memanfaatkan waktu erat kaitannya dengan mengatur waktu atau mengatur kegiatan kita. Kita terkadang merasa “kekurangan waktu” atau “tidak punya waktu” padahal yang ada hanyalah kita tidak bisa mengatur waktu yang sebaiknya. Kita belum bisa mengatur apa yang ingin kita lakukan dan itu sejalan dengan kita belum bisa “mengatur diri kita”.

Banyak cara untuk bisa mengatur waktu kita. Namun yang terpenting adalah kita mengatur waktu dan diri kita untuk mencapai kebahagiaan diri kita ^_^. Beberapa cara mengatur waktu itu antara lain:

1.Atur dan bagi kegiatan
Buat prioritas dari berbagai dimensi kehidupan kita, baik kehidupan pribadi maupun pekerjaan. Jangan terjebak pembuatan prioritas pada tekanan waktu, tempatkan prioritas pada hal-hal yang paling menguntungkan, berpotensi memberi perkembangan yang besar atau memberi dampak yang lebih luas. Dan syukuri setiap kegiatan yang telah kita selesaikan.

2.Lakukan sekarang
Jangan menunda sampai detik-detik akhir, jika bisa melakukan sekarang, lakukanlah. Yang kita miliki hanyalah sekarang, kita belum tentu mempunyai waktu di masa mendatang. Dan untuk lebih memudahkannya lagi, jangan katakan “saya harus”, tapi lebih baik katakan “saya akan”, “saya butuh” atau “saya bisa”. Hal ini akan membantu kita mengatasi penundaan tersebut.

3.Hindari waktu yang tiada berguna
Coba buat daftar kegiatan atau waktu yang tidak termanfaatkan dengan baik. Bisa nonton TV yang berlebihan, main game terus-terusan, chating tidak jelas (&fesbuk! --> ini +an dari qq ;p) atau hal-hal yang kiranya bisa kita ganti dengan hal yang lebih bermanfaat. Serta temukan “pencuri waktu” seperti pekerjaan yang salah, cara kerja yang salah dan target yang tidak sesuai. Dan perbaikilah.

4.Nikmati setiap waktu yang ada
Cobalah menikmati setiap waktu yang ada. Bila kita sering naik kendaraan bermotor, cobalah untuk naik sepeda atau berjalan kaki. Lihat dan nikmati setiap objek yang kita lewati. Dan Pelankan tempo kegiatan kita. Kerjakan pekerjaan rutin secara pelan-pelan, nikmatilah setiap prosesnya. Serta rasakan setiap nafas yang kita hembuskan ^_^

5.Ciptakan suasana baru
Cobalah kerjakan sesuatu dengan cara yang berbeda. Gosok gigi dengan tangan kiri atau rapat di ruang terbuka. Dan lewatilah “jalan-jalan” yang belum pernah kita lewati, hal ini akan membuat kita lebih tahu banyak hal baru yang kita lewatkan.

Nb: Salah satu ciri orang bahagia adalah dia bisa memanfaatkan waktu. Dia mampu menghargai waktu dan memusatkan untuk kebahagian dirinya dan orang lain. Tidak ada waktu yang terbuang untuk hal yang sia-sia. Dan menggunakan waktu untuk bersyukur dan beribadah kepadaNya. Waktu itu ibadah, maka tersenyumlah =) (Dan kunjungi www.senyumkita.com untuk membuat dunia tersenyum^_^)

Trimakasih untuk Mas Arif, sudah mngalikan senyum, mngalikan bahagia... ;)
jadi +banyak.. ;D

Comments

  1. oia prens, coba ke www.senyumkita.com,
    jika ada yg ingin anda lakukan untuk membuat dunia di sekitar qta lebih hepi ;)

    ReplyDelete
  2. Assallamu'alaikum Wr. Wb.
    Hi friend, peace...
    Blognya bagus, terutama artikel "Senyum"-nya.
    Agar sesuai dengan artikel "Senyum", color back ground dari blog ini jangan hitam, supaya terkesan cerah dan optimistik. Sebagai sumber inspirasi bagi pembacanya, dan dapat mengundang senyum optimis pembacanya.
    Begitu friend, jangan marah yaa...
    Kalau sempat silahkan berkunjung atau mengikuti blog saya, "Sosiologi Dakwah" di http://sosiologidakwah.blogspot.com
    Wassallamu'alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  3. hehe...
    trimakasih atas sarannya pak...
    bagi saya backkground hitam bukan indikator pesimisme...
    tapi indikator 'blank', kosong...
    karena dengan kosong, disitu qta mngisi ssuatu, memberi warna padanya...
    juga indikator 'dark'...
    bcoz light can only be 'seen' in the dark ;)
    terimakasih sudah berkunjung ;))

    ReplyDelete
  4. mbak QQ...
    Pa kabar mbak QQ? Hm.. mbak Q sibuk apa sekarang?
    Makasih ya mbak dah mampir ke blogku. Oie, tgl 2 besok mbak Icha nikah loh..

    ReplyDelete
  5. hehe...
    mb qq mw dateng ko..
    ktemu dsana ya niev...? :)

    ReplyDelete
  6. waktu adalah hal yang berharga, tidak dapat dibeli, bisa dapet gratis, tidak bisa ditukarkan kembali....semoga kita semua termasuk orang2 yang bisa menghargai waktu...

    ReplyDelete

Post a Comment