Love VS. Love


Stephen R. Covey... hmm,pasti pada pernah denger ’kan?

7 Habits? Btuuul...

Pasti tau dong tentang 8th Habit-nya?

It’s one of my most favourite book.

Ada bagian” dari buku itu yg jadi favorit qQ.

Ini salah satunya :

Critanya di sebuah seminar Covey stelah beliau membahas tentang speed of trust & loving, ada Bapak” yg curhat…

Bapak” (B) :Stephen, saya suka pada apa yg Anda katakan. Tetapi setiap situasi amat berbeda. Lihatlah pada pernikahan saya.Saya amat cemas. Istri saya dan saya sudah tidak memiliki perasaan satu sama lain seperti dulu. Saya rasa saya sudah tidak mencitainya lagi, dan dia pun sudah tidak mencintai saya, Apa yang bisa saya lakukan?

Stephen (S) : Perasaannya sudah tidak ada lagi?

B : Benar. Dan kami mempunyai tiga anak yang amat kami pedulikan. Apa saran Anda?

S : Cintailah dia

B : Saya sudah mengatakan, perasaannya sudah tidak ada

S : Cintailah dia

B : Anda tidak mengerti. Perasaan cinta itu sudah tidak ada

S : Karena itu cintailah dia. Jika perasaan itu sudah tidak ada, itu adalah alasan yang bagus untuk mencintai dia.

B : Tetapi bagaimana kita bisa mencintai jika kita memang tidak cinta?

S : Kawan, cinta dalam hal ini adalah kata kerja. Cinta sebagai perasaan, adalah buah dari cinta kata kerja. Jadi cintailah dia. Berkorbanlah. Dengarkanlah dia. Berempatilah. Hargailah. Perkuat dia, tegaskan keberadaan & harga dirinya dengan mengatakan ’ya’ padanya. Apakah Anda bersedia melakukan itu?

Dalam segala literatur agung dari semua masyarakat yang maju, cinta adalah kata kerja. Orang” yg reaktif membuatnya menjadi peradaan. Mereka dikendalikan oleh perasaan. Hollywood menjejali kita degan cerita yang membuat banyak orang percaya bahwa bukan kita yang bertanggung jawab atas perasaan qta...

Orang” proaktif menjadikan cinta sebagai kata kerja. Cinta adalah sesuatu yang dilakukan. Orang – orang proaktif meletakkan perasaan pada tingkat yang lebih rendah dari nilai – nilai. Cinta, sebagai perasaan, bisa ditumbuhkan...

(dikutip dengan sedikit pnyesuaian ;p)

(Untuk seorang sahabat yg sedang ’mencari jawaban’. Someday u’ll let go & understand hunny ;D)

Comments

  1. kamu ngomongin saya ya??
    saya salah satu sahabat kamu bukan??
    hehehe..
    btw thx for the late night call y Q..^^

    ReplyDelete
  2. Witing tresno soko kuliner (iTu saya,, haahahaaaaa... saya sdg mencintai makanan,, maw menyumbang???)

    ReplyDelete
  3. @ndo : apanya yg mantabh, pak?
    @may : jadi apa artinya 9tahun qta merajut tali kasih may...? ;p
    u're welcome hunny, my pleasure ;)
    @widz : ho, qrain kmu cinta Bayu jalaran soko makanaaan... haha...
    apa Bayu tampak sperti makanan wid?
    ;DDD

    ReplyDelete
  4. baru liat... *ya Allah*
    he-em, insya Allah ta'bawain... :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts